Senin, 29 Agustus 2011

Membuat Presentasi di Blackberry dengan Slide Show Maker

Anda ingin mempresentasikan foto-foto hasil jempretan menggunakan Blackberry? Sebuah Aplikasi bernama Slide Show Maker akan mempermudah Anda dalam membuat Slide Show Photo langsung dari Blackberry, tanpa harus menggunakan laptop atau komputer.

Dengan Slide Show Maker kita bisa membuat presentasi foto dengan berbagai macam image, memberi efek suara latar belakang pada foto, kemudahan untuk mensharing hasil presentasi lewat email atau Facebook. Slide Show Maker sangat cocok untuk mengabadikan moment-moment indah saat Anda liburan, kegiatan study tour, Pernikahan dan bahkan acara rapat sekalipun.

Slide Show Maker tersedia di Blackberry App World dan mendukung berbagai type Blackberry, mulai dari Blackberry Torch 9800, Blackberry Bold 9780, Blackberry Gemini 8520 sampai Blackberry Javelin 8900 begitupun dengan Blackberry Pearl.

Sabtu, 27 Agustus 2011

Trick Solusi Mengatasi BBM Pending

Blackberry Messenger atau BBM merupakan instant messaging ekslusif yang hanya ada di Blackberry, tak mengherankan bila BBM dijadikan sebagai alat komunikasi atau sekedar chatting dengan sesama pengguna Blackberry. Chatting lewat BBM memang mengasyikan, apalagi dengan dukungan berbagai emoticon ataupun smiley yang semakin menambah keasyikan untuk ber-BBM ria.

Namun satu masalah yang sering dihadapi saat kita sedang BBM-an adalah Pending. Yups, terkadang pesan-pesan yang dikirim oleh kita, statusnya pending alias pesan tersebut tidak secara instan terkirim. Biasanya saat kita mengirim pesan di BBM akan langsung ada simbol D yang berarti Delivered atau pesan tersebut terkirim atau simbol R atau Replied/ Reply yang berarti balasan/ jawaban dari kita sudah terkirim. Namun bila pending maka yang muncul adalah simbol kotak berwarna merah yang menandakan bahwa pesan belum terkirim atau masih dalam proses.

Sebenarnya masalah BBM Pending ini berkaitan erat dengan jaringan dari operator yang dipakai, jika jaringan sedang jelek, atau sibuk maka Pending menjadi sesuatu yang wajar. Trick sederhana untuk mengatasi masalah BBM Pending adalah pertama coba Blackberry Anda di Offline dulu kemudian Online lagi, saat Anda merasa bahwa pendingnya parah, coba Blackberry di Offline kan dulu, setelah beberapa saat kemudian di Online-kan lagi. Trick kedua adalah rubah jaringan, misalkan tadinya memakai koneksi 3G, coba sekarang rubah menjadi 2G Only.

Bila BBM Pending masih juga dialami, coba restart atau soft reset Blackberry, tekan tombol Alt-Shift-Del di homescreen Blackbery atau bisa juga lakukan hard reset, yakni cabut baterai saat Blackberry sedang menyala, setelah 30 detik atau lebih pasang kembali baterai. Jangan lupa juga lakukan HRT atau Host Routing Table yakni akses menu Option - Advanced Option - Host Routing Table - tekan tombol menu Blackberry dan pilih Register Now, tunggu sampai ada balasan bahwa Blackberry Anda sudah teregister. Jika Anda pengguna Blackberry Onyx 2 atau Blackberry Torch dengan OS6 pilih menu Option – Device - Advanced System Setting - Host Routing Table lalu tekan tombol menu Blackberry dan Register Now!

Kamis, 25 Agustus 2011

Mengatasi Masalah Application net_rim_bb_messaging_app is Not Responding; Process Terminated di Blackberry

Saat akan menghapus pesan atau email di Blackberry, muncul pesan error Application net_rim_bb_messaging_app is Not Responding; Process Terminated. Masalah seperti ini terjadi karena adanya file aplikasi yang corrupt. Beberapa trick Blackberry berikut bisa dicoba untuk mengatasi masalah seperti ini.

Pertama, coba lihat apakah ada aplikasi pihak ketiga atau Third Party Application yang berkaitan dengan email, semisal BB Smart Email viewer atau aplikasi lainnya, karena error seperti ini bisa juga diakibatkan oleh Aplikasi yang tidak kompetibel.

Kedua, lakukan hard reset yakni cabut baterai Blackberry selama 30 detik (ingat saat mencabut baterai, Blackberry dalam keadaan menyala), kemudian pasang lagi Baterai Blackberry dan lihat apakah error tersebut masih muncul atau tidak.

Jika ternyata error tersebut masih muncul, solusi terbaik untuk mengatasi masalah Masalah Application net_rim_bb_messaging_app is Not Responding; Process Terminated adalah dengan cara reload OS, alias install ulang OS Blackberry atau bisa juga dengan melakukan update OS Blackberry. Sebelum melakukan reload OS atau Update OS, jangan lupa Backup dulu seluruh data di Blackberry menggunakan Blackberry Desktop Software, karena semua data di Blackberry pasti hilang pada saat melakukan reload OS.

Selasa, 23 Agustus 2011

Phonebook atau Contact Hilang di Blackberry

Pernahkah Anda mengalami secara tiba-tiba seluruh contact atau phonebook di Blackberry tiba-tiba hilang? Jika pernah mengalami masalah seperti ini, solusi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan hard reset Blackberry, disaat Blackberry masih menyala cabut baterai selama 30 detik atau lebih kemudian pasang lagi dan tunggu sampai Blackberry selesai melakukan reboot.

Jika dengan hard reset tidak membuahkan hasil, langkah berikutnya adalah melakukan proses restore menggunakan Blackberry Desktop Software, ini tentunya bisa dilakukan jika sebelumnya Anda pernah melakukan proses Backup dengan menggunakan BDS.

Cara lain adalah jika sebelumnya Anda pernah mensinkronisasikan Contact atau Phonebook dengan email, misal disinkronisasikan dengan gmail, jangan lupa masukan akun gmail Anda ke Blackberry atau gunakan aplikasi sinkronisasikan dari Google untuk Blackberry bisa didownload di m.google.com/sync lalu lakukan proses sinkronisasi.

Penyebab lain dari Contact atau Phonebook hilang di Blackberry adalah saat menambahkan email Gmail di Blackberry, Anda memberikan tanda ceklis pada Contact Synchronization Option. Apalagi jika Anda baru menggunakan email Gmail, dimana Contact di Blackberry secara default di replace dengan contact dari Gmail yang notabene masih kosong atau belum ada contactnya.

Minggu, 21 Agustus 2011

Mengatasi Error 907 Invalid COD Unable to Import ZIP File Saat Menginstall Aplikasi di Blackberry

Salah satu masalah yang sering terjadi saat kita akan menginstall sebuah aplikasi misal Aplikasi Facebook atau BBM secara manual atau offline adalah munculnya error Unable to Import ZIP File. Padahal semua file, baik itu file JAD ataupun file COD-nya sudah tersimpan dalam satu folder dan tidak ada yang tertinggal. Namun tetap saja, timbul error seperti ini.

Untuk mengatasi Error Unable to Import ZIP saat Install Aplikasi di Blackberry, caranya cukup mudah. Pada file instalasi, selain akan menemukan file berekstensi JAD atau ALX juga akan ada file COD, nah Anda lihat baik-baik file COD tersebut.

Pertama rename file COD tersebut menjadi ZIP, semisal namanya theme.COD maka rename menjadi theme.ZIP, setelah itu ekstrak seluruh file dalam theme.ZIP tersebut, sehingga nantinya akan ada beberapa file COD, semisal theme-1.cod, theme-2.cod dan seterusnya. Setelah semua file terekstrak, lalu Anda bisa mencoba lagi untuk menginstall aplikasi tersebut, seperti biasa Anda bisa menginstal langsung dengan menjalankan file JAD yang berada satu folder dengan file-file COD tersebut.

Sabtu, 20 Agustus 2011

Mengatasi Masalah Email di Blackberry : Solusi Your Device Had a Problem Connecting to the Server

Begitu Anda menjalankan setup email di Blackberry, tiba-tiba saja muncul error Your Device Had a Problem Connecting to the Server? Sehingga Anda pun tidak bisa menerima ataupu mengirim email dari Blackberry. Masalah seperti ini bisa diakibatkan oleh configurasi yang error di Blackberry. Untuk mengatasi masalah Your Device Had a Problem Connecting to the Server berikut adalah tips singkatnya.

Lakukan Hard Reset, yakni ketika Blackberry masih menyala Cabut Baterai Blackberry selama 30 detik atau lebih. Setelah itu cabut SIM Card dan pasang kembali Baterai Blackberry, tunggu sampai Blackberry selesai melakukan booting.

Setelah Blackberry benar-benar booting, cabut kembali Baterai Blackberry. Selanjutnya pasang kembali SIM Card dan kemudian Pasang kembali Baterai Blackberry, tunggu sampai Blackberry selesai melakukan Booting.

Setelah Blackberry Anda menyala, coba lagi untuk mengatur email di Blackberry.

Jumat, 19 Agustus 2011

Solusi Facebook Incorrect Password Error 2400 di Blackberry

Ketika akan Login ke Facebook di Blackberry, tiba-tiba Anda mengalami masalah facebook incorrect password error 2400. Seperti yang tertera di keterangan errornya, masalah seperti itu disebabkan karena password yang dimasukan tidak tepat atau salah. Perlu diingat bahwa password Facebook itu bersifat Case Sensitive, itu artinya huruf besar dan huruf kecil sangat berpengaruh.

Untuk case study, coba gunakan akun Facebook lain untuk Login ke Facebook for Blackberry dan lihat apakah masalah facebook incorrect password error 2400 masih tetap muncul? Jika error tersebut tidak muncul saat login dengan akun lain, berarti memang ada kesalahan saat Anda memasukan password pada akun yang error tersebut.

Kamis, 18 Agustus 2011

Cara Menghapus Semua SMS di Blackberry

Inbox SMS atau Message Anda di Blackberry penuh, dan ingin menghapus seluruh pesan di Blackberry? Jika di Handphone lain mungkin Anda sering menemukan opsi atau pilihan Mark All atau Pilih Semua, nah di Blackberry kita tidak menemukan pilihan seperti itu. Lalu bagaimana cara menghapus seluruh pesan SMS di Blackberry.

Untuk menghapus semua pesan di Blackberry, lakukan tip berikut ini. Pertama, pilih pesan yang akan dihapus, tekan tombol SHIFT lalu geser Trackpad atau Trackball ke pesan yang akan dihapus, setelah semuanya terpilih lalu tekan tombol menu Del atau bisa juga tekan tombol menu Blackberry lalu pilih Delete Message.

Cara kedua adalah tekan pada bagian tanggal lalu pilih Delete Prior, sehingga nantinya seluruh pesan yang diterima atau dikirim pada tanggal tersebut akan terhapus semuanya.

Rabu, 17 Agustus 2011

Solusi Masalah Sinyal Blackberry Rendah dan Kadang SOS

Salah satu masalah yang kadang timbul saat menggunakan Blackberry adalah indikator sinyal yang rendah atau kecil dan kadang malah menampilkan SOS alias Blackberry Anda tidak terkoneksi ke network operator. Jika Anda pernah mengalami masalah seperti ini, langkah pertama yang harus dicoba adalah dengan mengganti sim card dari operator lain, untuk memastikan bahwa masalah sinyal ini tidak disebabkan karena faktor operator atau jangkauan sinyal yang kurang dari operator yang dipakai saat ini. Bila setelah menggunakan operator lain, Sinyal Blackberry masih tetap kecil/ rendah dan kadang SOS, maka sudah dipastikan masalah ada pada Blackberry.

Solusi kedua, Anda bisa mencoba merubah Network Mode yang dipakai, jika sebelumnya menggunakan Network Mode 3G & 2G, maka coba dirubah hanya dengan menggunakan 2G. Seperti kita ketahui sinyal 3G memang belum merata di semua tempat dibandingkan dengan 2G yang sudah dipastikan di semua tempat yang memang dalam jangkauan pasti ada sinyal 2G-nya. Selain itu coba rubah juga pada Network Selection Mode-nya dari Automatic ke Manual.

Beberapa alternatif jika Anda mengalami masalah sinyal di Blackberry adalah coba lakukan Hard Reset, saat Blackberry Anda sedang menyala, cabut baterai Blackberry selama 30 detik atau lebih kemudian pasang lagi, dan tunggu sampai Blackberry selesai melakukan booting. Hard Reset tidak akan menghapus data di Blackberry.

Selasa, 16 Agustus 2011

Menghapus Log Aplikasi Uninstalled di Blackberry App World

Ingin Menghapus Daftar Aplikasi yang sudah di Uninstall di Blackberry App World? Seperti kita ketahui di bagian My World pada Blackberry App World, selain ada daftar aplikasi yang diinstal, di bagian bawah terdapat juga list atau daftar aplikasi yang sudah di uninstalled. Untuk menghapus Log aplikasi di Blackberry App World berikut adalah trik dan tips sederhananya.

Masuk ke Blackberry App World lalu ke My World, selanjutnya setelah berada di My World tekan tombol ALT + RST itu artinya Blackberry akan mereset daftar Aplikasi di Blackberry App World.

Cara kedua adalah masuk ke Blackberry App World – My World, scroll ke bawah sampai menemukan daftar Uninstalled Application. Klik pada aplikasi yang sudah di Uninstalled, lalu pilih Reinstall. Nah, saat sedang proses download, hentikan atau Pause, lalu tekan tombol menu dan pilih Cancel Download.

Senin, 15 Agustus 2011

Memunculkan Kembali Folder yang di Hidden di Blackberry

Pernahkan Anda menyembunyikan file atau folder di menu Media? Jika Anda punya gambar, atau film khusus yang tidak ingin diketahui atau dibuka orang lain, Anda pasti pernah meng-Hidden Folder di Media Picture atau Video. Pertanyaan sekarang, bagaimana cara memunculkan kembali file atau folder yang di hidden di Blackberry?

Untuk memunculkan kembali atau unhide folder di Blackberry, caranya cukup mudah, Anda tinggal masuk ke Files Manager di Blackberry. Setelah berada di Files Manager, selanjutnya adalah tekan tombol menu Blackberry, dan pilih serta beri ceklis pada Show Hidden. Kini folder atau file yang terhidden akan muncul, berikutnya adalah klik pada folder yang terhidden, tekan tombol menu dan pilih Properties. Agar folder atau file tersebut tidak terhidden lagi, maka Anda tinggal menghilangkan tanda ceklis pada pilihan Hidden.

Minggu, 14 Agustus 2011

Blackberry Tidak Terdetect oleh Blackberry Desktop Manager/ Software

Blackberry Desktop Software merupakan sebuah program untuk PC atau Laptop yang bisa digunakan untuk backup, restore sampai mengupdate Blackberry ke OS terbaru. Namun bagaimana jadinya jika terjadai Blackbery kita justru tidak terdetect oleh BDM atau Blackberry Deksktop Software? Masalah seperti ini bisa diakibatkan karena driver untuk Blackberry tidak terinstall dengan benar atau terjadi error. Berikut ini solusi singkat, jika Blackberry tidak terdetect oleh BDM – Blackberry Desktop Manager/Software
  1. Pertama sambungkan Blackberry ke Laptop. Kemudian akses Device Manager, jika Anda menggunakan Windows 7 tinggal ketik aja Device Manager kolom Search.
  2. Setelah masuk Device Manager klik pada Kategori Blackberry dan pastikan bahwa BlackBerry Smartphone ada dalam daftar. Jika Anda melihat tanda seru berwarna kuning, itu karena driver untuk Blackberry belum terinstall dengan benar. Klik kanan pada tanda seru tersebut dan pilih Update Driver.
  3. Pada jendela Hardware Update Wizard, jika ada pilihan Windows Update pilih No atau tidak kemudian Next. Berikutnya pilih Install from a list or specific location lalu Next
  4. Pilihkan Don’t Search pada jendela yang muncul, lalu akses I will choose the driver to install. Klik lagi Next.
  5. Pada pilihan berikutnya pilik Have Disk dan lalu Browse untuk mengakses driver Blackberry. Selanjutnya Anda masuk ke C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\USB Drivers.
  6. Double klik pada RimUsbNT.inf, lalu klik OK dan Next.
Solusi lain jika Blackberry tidak juga terdetect oleh Blackberry Desktop Manager adalah Anda bisa mendisable fungsi Power Management on the USB Root Hub pada Device Manager di Laptop atau Komputer. Dan bahkan Anda bisa mencoba menggunakan kabel data, dan menggunakan port USB yang lain.

Sabtu, 13 Agustus 2011

Tidak Bisa Mengirim SMS di Blackberry dan Mengatasi Protocol Stack Error di Blackberry

Pernahkan Anda mengalami dimana Anda tidak bisa mengirim pesan alias SMS di Blackberry? Saat akan mengirim SMS hanya muncul Protocol Stack Error? Error seperti ini bisa disebabkan karena masalah Firmware di Blackberry yang memang mengandung bug atau error. Namun, bisa juga karena masalah setting SMS/MMS yang tidak tepat alias salah.

Tips pertama untuk mengatasi Protocol Stack Error adalah masuk pengaturan SMS/ Pesan, lalu pastikan Nomor Service Centernya sudah benar, jika Anda menggunakan Layanan Blackberry Telkomsel pastikan nomor service center untuk SMS Telkomsel adalah +621100000, jika Anda menggunakan operator Tri pastikan nomor Service Centernya adalah +6289644000001. Setelah Nomor Service Center diisi dengan benar lalu pada bagian Network to Send Over coba rubah ke Circuit Switched (CS) Preferred, lalu pada Data Coding pilih yang 7-bit.

Namun jika dengan Tips Pertama diatas, Anda tetap tidak bisa mengirim SMS di Blackberry, maka jalan terakhir adalah dengan meng-upgrade OS Blackberry Anda ke versi terbaru. Secara singkat Langkah Update/Upgrade OS Blackberry adalah sebagai berikut :
  1. Install Blackberry Desktop Software di Laptop
  2. Download OS terbaru untuk Blackberry Anda dari Website resmi Blackberry
  3. Install OS Blackberry yang baru saja Anda download, di Laptop.
  4. Jangan lupa hapus file vendor.xml di c:\Program files\common files\research in motion\apploader
  5. Sambungkan Blackberry ke Laptop
  6. Untuk proses Update Anda bisa menjalankan Blackberry Desktop Software, nanti akan ada pilihan Update, Anda tinggal mengklik menu itu. Bisa juga Anda menjalankan App Loader yang berada satu folder dengan file vendor.xml yang Anda hapus pada langkah 4 diatas.

Jumat, 12 Agustus 2011

Apakah BBSAK itu? Download BBSAK Terbaru

BBSAK atau BlackBerry Swiss Army Knife adalah sebuah program untuk laptop atau komputer yang sangat berguna untuk Blackberry. Dengan BBSAK kita bisa melakukan proses backup aplikasi, Update OS Blackberry sampai dengan proses Installasi aplikasi untuk Blackberry baik itu aplikasi Blackbery dengan ekstensi COD atau JAD dan bahkan dengan BBSAK kita bisa mengambil screenshot dari layar Blackberry.

BlackBerry Swiss Army Knife atau BBSAK bisa didownload dengan gratis di bbsak.org, program BBSAK ini memiliki fitur-fitur menarik seperti :

Backup dan Restore Aplikasi 3rd Party – dengan BBSAK kita bisa membackup aplikasi yang sudah terinstall di Blackberry, bahkan kita bisa membackup aplikasi yang dibuat RIM seperti Facebook dan Twitter. Selain proses Backup, BBSAK juga bisa melakukan restore aplikasi yang telah kita backup tersebut.

Wipe Blackberry – Yups, program BBSAK juga melakukan proses Wipe Handheld Blackberry, ini sangat berguna terutama jika Blackberry Anda mengalami error misal setelah proses update OS

LOAD OS – Jika ada fungsi Wipe, pasti ada fungsi Load OS, setelah melakukan proses Wipe, Anda bisa langsung melakukan proses Load OS dengan BlackBerry Swiss Army Knife

Install JAD dan COD ke Blackberry – Jika Anda mendownload aplikasi atau theme lewat Laptop dari Internet, kebanyakan Aplikasi tersebut berekstensi JAD atau COD, nah Anda bisa dengan mudah menginstall aplikasi tersebut ke Blackberry dengan bantuan BBSAK

Itulah beberapa fitur penting dan utama dari BBSAK, masih banyak fitur yang tersedia di BBSAK, namun tentunya gunakan BBSAK dengan bijak dan hati-hati. Blog Tips Blackberry tidak bertanggungjawab atas semua resiko yang diakibatkan oleh pemakaian BBSAK, artikel ini hanya sebagai informasi saja, jadi gunakanlah BBSAK dengan bijak.

Kamis, 11 Agustus 2011

Cara Disable Broadcast di BBM atau Blackberry Messenger

Blackberry Messenger atau akrab disapa BBM, menjadi daya tarik tersendiri dari Blackberry, tak mengherankan malah ada orang yang rela membeli atau berganti handphone ke Blackberry hanya karena ingin merasakan dan tahu bagaimana sih BBM atau Blackberry Messenger itu?

Jika Anda sudah lama menggunakan BBM (Blackberry Messenger) tentu sudah cukup kenal dengan yang namanya Broadcast Message? Yups, Broadcast Message adalah salah satu cara tercepat untuk menyebarkan sebuah info, berita atau pesan ke seluruh contact di Blackberry dengan sekali kirim.

Keberadaan Broadcast Message di BBM memang kadang-kadang menjadi sesuatu yang menjengkelkan, bayangkan tiap jam atau bahkan tiap menit, selalu saja ada yang mengirimkan Broadcast Message yang terkadang isinya kurang begitu penting, atau malah ada yang tidak penting sama sekali. Lalu bagaimanakah caranya untuk men-disable broadcast message di Blackberry Messenger? Jawabannya sangat sederhana yaitu Tidak Bisa. Di Blackberry Messenger tidak ada pengaturan atau option untuk mendisable Broadcast Message.

Biar Anda tidak merasa jengkel atau kesal dengan setiap Broadcast Message yang diterima di BBM, pertama tentunya adalah tetap santai, anggap saja Broadcast Message adalah selingan iklan seperti di TV, toch tidak selamanya Broadcast Message itu tidak berguna atau tidak penting, ada juga lho Broadcast Message yang bermanfaat, menambah pengetahuan dan bahkan bisa membuat kita tersenyum saat membacanya. Kedua, Broadcast Message sudah menjadi ciri khas dari BBM, tanpa Broadcast Message mungkin BBM akan terasa sepi karena kadang gara-gara Broadcast Message ini kita bisa menjadi punya topik atau bahan untuk dijadikan diskusi atau chating.

Rabu, 10 Agustus 2011

Mengatasi Masalah Error We Cannot Reach The Facebook Server at This Time, Please Try Again Later (100) di Blackberry

Suatu hari, saat akan memberi comment ke teman di Facebook, atau saat Anda akan mengecek Pesan di Facebook, tiba-tiba saja Anda mengalami error We Cannot Reach The Facebook Server at This Time, Please Try Again Later (100). Masalah seperti ini bisa diakibatkan karena masalah jaringan atau koneksi yang jelek. Untuk mengatasi error seperti ini di Blackberry, Anda bisa melakukan soft reset, ataupun hard reset. Untuk Soft Reset Blackberry, tekan tombol ALT+SHIFT+DEL secara bersamaan, sedangkan untuk Hard Reset, buka baterai Blackberry selama 30 detik atau lebih dan kemudian pasang lagi, dan ingat Blackberry harus dalam keadaan menyala saat Anda membuka baterai tersebut.

Jika dengan Soft Reset dan Hard Reset masih juga terjadi error, coba lakukan Host Routing Table. Alternatif lain adalah dengan mereinstall Aplikasi Facebook for Blackberry, mencoba Login dengan menggunakan Akun Facebook lain, mencoba menggunakan koneksi Wifi untuk mengakses Facebook dibandingkan dengan menggunakan koneksi data operator.

Selasa, 09 Agustus 2011

Cara Backup dan Copy Contact dari Phonebook Blackberry ke SIM Card

Phonebook memang menjadi sesuatu yang vital, dengan adanya Phonebook akan memudahkan kita untuk selalu berkomunikasi dengan keluarga, teman ataupun rekan kerja. Karena itu rajin-rajinlah untuk membackup Phonebook, baik secara wireless misalnya menggunakan layanan Google Gmail Contact Sync ataupun Backup Phonebook dengan Blackberry Desktop Manager.

Cara lain untuk Backup Phonebook atau Contact di Blackberry adalah dengan mengcopy atau menyalin contact dari Blackberry ke SIM Card, sehingga jika suatu hari nanti SIM Card Anda dipakai di Handphone misal iPhone atau HP Android, maka Anda masih tetap bisa mengakses phonebook dengan cepat dan mudah, tanpa perlu proses restore atau sinkronisasi.

Untuk mengcopy Phonebook atau Contact dari Blackberry ke SIM Card, caranya cukup muda. Pertama masuk ke Phonebook lalu pilih salah Contact yang akan dicopy. Tekan tombol menu Blackberry pilih View. Pada tampilan View Contact, kemudian tekan tombol menu Blackberry dan pilihlah Copy To SIM Phone Book. Lalu hal yang sama pada setiap contact yang ingin Anda copy.

Senin, 08 Agustus 2011

Bagaimana cara Downgrade Blackberry Bold dan Blackberry Curve

Blackberry OS6 memang memiliki fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan Blackberry OS sebelumnya yakni OS5 dan OS4, karena alasan itulah maka Anda meng-Update OS Terbaru Blackberry ke versi 6. Misalkan Anda mengupdate Blackberry Bold 9700 atau Blackberry Curve 9300 ke OS6, namun setelah OS6 terinstall di Blackberry Bold atau Curve, Anda merasakan kinerja Blackberry malah lambat, lemot dan yang lebih parah lagi free memory internal atau memori Aplikasi sedikit, karena habis oleh OS6 tersebut.

Jika Anda ingin melakukan proses Downgrade dari OS6 ke OS5, ikutilah Trick Blackberry terbaru berikut ini, proses ini memerlukan ketelitian dan kesabaran dan tentunya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan selama proses downgrade, jangan lupa untuk membackup dulu semua data penting mulai phonebook, contact BBM ataupun data lainnya di Blackberry.

Langkah kesatu adalah Uninstall Blackberry Device Software yang terinstall di Laptop atau Komputer, dalam contoh karena ingin Downgrade dari OS6 ke OS5 maka Uninstall Blackberry Device Software 6 yang ada di Laptop. Untuk proses uninstall Blackberry Device Software 6 bisa lewat Control Panel.

Pastikan Anda sudah menginstall Blackberry Dekstop Software terbaru yakni BDS 5, ini berguna untuk proses Backup data di Blackberry dan tentunya untuk proses downgrade itu sendiri.

Selanjutnya adalah Download program bernama JL_CMDER. Program ini berjalan dalam mode DOS. Download, Ekstrak dan langsung jalankan tanpa perlu proses instalasi. Setelah Anda lakukan proses Wipe Handheld dengan JL_Cmder (pilih opsi nomor 4 Wipe pada JL_Cmder), ini berguna untuk menghapus semua data yang terinstall OS6 hasil update. Jika telah berhasil melakukan proses Wipe dengan JL_Cmder, Blackberry Anda akan menampilkan “Error 507”

Kini saatnya Anda melakukan proses Downgrade dengan reload OS yang diinginkan. Jalankan Blackberry Desktop Software, kemudian klik menu Applications, selanjutnya pada daftar aplikasi yang tersedia, Anda tinggal mengklik simbol X untuk proses remove atau + untuk menambahkan aplikasi ke Blackberry Anda. Setelah selesai memilih aplikasi apa saja yang diinginkan selanjutnya tekan tombol Apply, pada windows konfirmasi selanjutnya tinggal jawab Yes atau Next. Dan tunggulah sampai proses downgrade selesai

Minggu, 07 Agustus 2011

Mengatasi Masalah Blackberry App World Tidak Mau Connect dan Login

Update Terbaru Blackberry Messenger 6.0.0.129 hadir yang salah satu diantaranya adalah adanya lagi fitur Show What I’m Listening To, yang sempat hilang di BBM 6.0.0.125 dimana dengan fitur ini kita bisa menampilan judul lagu yang sedang diputar di Status BBM.

Namun saat akan mengupdate Blackberry Messenger ke versi terbaru, tiba-tiba saja Anda tidak bisa Login ke Blackberry App World, dan hanya menampilkan error Blackberry Messenger is Having Trouble Connecting to the Blackberry App World Server, Verify Your Network Connections and Try Again. Jika Anda mengalami masalah seperti itu, berikut adalah tips yang bisa Anda Coba.

Pertama dari Homescreen masuk ke menu Options – Security – Advanced Security Setting – TLS. Lalu berilah tanda ceklis pada bagian Permit Insecure Renegotiations. Setelah itu cobalah untuk Login kembali ke Blackberry App World. Selain itu Anda bisa mencoba juga untuk melakukan soft reset atau hard reset, yakni dengan membuka baterai Blackberry selama 30 detik atau lebih.

Ada kala saat akan Login ke Blackberry App World juga timbul error seperti “An Error has Occurred, Please try Again” untuk mengatasi masalah ini silahkan baca Error dan Tak Bisa Login ke App World di Blackberry

Sabtu, 06 Agustus 2011

Disable dan Enable GPS di Blackerry Torch 9800 dan Blackberry Bold 9780

Blackberry Bold 9780 maupun Blackberry Torch 9800 keduanya telah dilengkapi dengan fitur GPS, dimana dengan GPS ini kita bisa menentukan posisi dimana kita berada, dan sangat bermanfaat untuk terutama jika kita sering menggunakan aplikasi check in seperti Foursquare atau Facebook Check in. Lalu bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan fitur GPS di Blackberry? Berikut adalah langkah singkatnya

Masuk ke menu klik Icon Option di Homescreen Blackberry atau bisa juga Anda menggunakan shortcut tekan tombol O untuk masuk ke menu Option, lalu kemudian pilih Device – Location Settings. Untuk mengaktifkan atau enable GPS di Blackberry pada pilihan Location Service pilih ON, sedangkan untuk mendisable GPS di Blackberry pilih OFF pada Location Service. Setelah selesai, tekan tombol menu Blackberry lalu pilih Save.
Turn the BlackBerry Torch 9800 GPS on or off.

Jumat, 05 Agustus 2011

Tidak Bisa Menggunakan Blackberry sebagai Mass Storage di Komputer atau Laptop

Satu fitur yang sangat bermanfaat adalah membuat Blackberry sebagai Mass Storage di Laptop, dengan fitur kita bisa mengcopy file dari Blackberry ke Laptop atau sebaliknya dengan cepat, tinggal sambungkan Blackberry menggunakan Kabel Data ke Laptop, nanti terdetect sebagai Mass Storage dengan fungsi yang sama seperti Flashdisk.

Namun ada kalanya, fitur sebagai Mass Storage ini tidak muncul pada saat kita mencolokan Blackberry ke Laptop. Nah, untuk mengatasi Blackberry Tidak Terdetect sebagai Mass Storage di Laptop berikut beberapa tips dan trik yang bisa dicoba.

Pertama masuk ke menu Option – Media (jika Anda menggunakan Blackberry Bold 9780 atau Blackberry Curve 3G dan Blackberry Torch 9800 masuk ke Option-Device-Storage) pastikan setingan berikut udah sesuai di Blackberry Anda :
  • Media Card Support: On
  • Encryption Mode: None
  • Mass Storage Mode Support: On
  • Auto Enable Mass Storage Mode When Connected: Yes
Kedua, pastikan di Laptop atau Komputer sudah terinstall Blackberry Desktop Manager. Jika masalah masih muncul coba sambungkan Blackberry ke Laptop lain apakah masih sama tidak terdetect? Coba juga ganti Kabel data yang dipakai, dan memori card. Bila ternyata masalah tetap masih juga ada, saatnya Anda mencoba Wipe Handheld dengan resiko semua data di Blackberry akan hilang.

Upgrade OS Blackberry bisa menjadi alternatif solusi lain, jika ternyata dengan proses Wipe Handheld, Blackberry tetap tidak terdetect sebagai Mass Storage di Laptop. Kesimpulan akhir, jika dengan upgrade OS masih juga tidak membuahkan hasil, bisa jadi Hardware Blackberry Anda sudah bermasalah.

Kamis, 04 Agustus 2011

Solusi Uncaught Exception Error Saat Menjalankan Blackberry Messenger (BBM)

Ketika akan mengirimkan file atau akan menerima file lewat Blackberry Messenger tiba-tiba saja, BBM Anda mengeluarkan error seperti Uncaught excpetion: java.lang,NullPointerException, dan tiba-tiba saja Blackberry Messenger Anda hang, dan lebih parah lagi Blackberry Anda akhirnya reboot sendiri. Untuk mengatasi masalah seperti ini, ada beberapa tips dan trick yang bisa Anda coba.

Solusi pertama adalah lakukan hard reset atau reboot, saat Blackberry masih menyala cabut baterai Blackberry selama 30 detik setelah itu pasang kembali baterai Blackberry. Hard reset sangat bermanfaat terutama jika Blackberry Anda mengalami error yang sifatnya temporary alias sementara. Jika dengan hard reset belum juga hilang error tersebut, saatnya menggunakan Blackberry Desktop Manager, Anda bisa membackup dulu Blackberry Messenger Database, setelah itu kemudian Anda restore kembali, dan lihat apakah error Uncaught Excpetion masih muncul atau tidak di BBM.

Bila masih muncul, coba tips kedua yakni reinstall atau install ulang, aplikasi Blackberry Messenger. Pertama backup semua contact di BBM baik secara remotelly atau locally, setelah dulu masuk ke aplikasi management dan delete aplikasi Blackberry Messenger, setelah berhasil di delete langkah selanjutnya masuk ke Blackberry App World dan lakukan proses Install Blackberry Messenger. Saat selesai proses installasi, coba jalankan BBM dan cek apakah masih terjadi error atau tidak?

Jika ternyata dengan cara reinstall aplikasi BBM masih juga terjadi error, maka sudah bisa dipastikan bahwa Operating System Blackberry Anda sudah ada yang corrupt, dan jalan terbaik adalah dengan cara melakukan reload OS. Download OS terbaru dari website resmi Blackberry, Install OS tersebut di Laptop atau Komputer Anda, setelah itu jalankan Blackberry Desktop Manager, sambungkan Blackberry ke Laptop menggunakan kabel USB, dan lakukan update OS. Selain menggunakan BDM, Anda bisa juga bisa menggunakan BBSAK atau MCP (Master Control Program) untuk proses reload OS Blackberry.

Rabu, 03 Agustus 2011

Kelebihan dan Kekurangan Blackberry OS7

Apakah Fitur OS7? Setelah merelease OS6, RIM kembali mengeluarkan inovasi terbarunya, yakni dengan kehadiran OS7, yang menurut rumor OS7 ini bakal dipakai pada Blackberry terbaru semisal Blackberry Bold Touch 9900/9930 atau Blackberry Torch 2. Lalu apakah fitur menarik dari OS7 atau Blackberry 7 ini?

OS7 atau Blackberry hadir dengan teknologi JIT Javascript terbaru, yang tentunya sudah mendukung HTML5, loading web yang lebih cepat, fitur pinch to zoom dan dukungan flash yang lebih baik. Sehingga bisa dipastikan OS7 akan memberikan kenyamanan saat browsing, apalagi dengan adanya tampilan tab baru yang memudahkan untuk beralih dari satu tab ke tab yang lain.

Dari sisi tampilan grafis Blackberry 7 atau OS7 menghadirkan kualitas grafis yang lebih baik berkat dukungan CPU dan GPU yang lebih tinggi dibandingkan dengan Blackberry sebelumnya. Selain itu OS7 juga sudah mendukung teknologi NFC, HD Video Capture dan playback 720p. Fitur lain yang terdapat di Blackberry 7 atau OS7 adalah Blackberry Balance.

Selasa, 02 Agustus 2011

Tidak Bisa Mengirim dan Membalas Email di Blackberry

Pernahkah Anda mengalami suatu kejadian, dimana Anda masih bisa menerima email di Blackberry, tapi tidak bisa membalas email tersebut, dan hanya muncul keterangan error No Message Service Configure. Jika Anda pernah mengalami masalah Tidak Bisa Balas dan Kirim Email di Blackberry, berikut adalah beberapa solusi yang mungkin bisa Anda coba.

Tidak bisa mengirim atau balas email biasanya karena adalah masalah dengan pengaturan CMIME di Blackberrynya, tips pertama bisa Anda coba dengan mencoba mengirim ulang Service Book. Masuk ke pengaturan email, lalu pilih Send Service Book.

Kedua, Anda bisa mencoba melakukan Host Routing Table atau HRT. Jika Anda menggunakan Blackberryy Torch 9800 atau Blackberry Onyx 2 9780 atau juga Blackberry Curve 3G 9300 masuk ke Option – Device – Advanced System Setting – Host Routing Table lalu tekan tombol menu Blackberry dan pilih Register Now. Namun jika Anda menggunakan Blackberry dengan OS5 seperti Gemini atau Javelin, tinggal akses menu Option – Advanced Option – Host Routing Table, tekan tombol menu Blackberry dan Register Now.

Jika masalah masih muncul yakni tidak bisa membalas email di Blackberry, coba lakukan hard reset. Caranya, saat Blackberry sedang menyala, cabut baterai selama 30 detik atau lebih lalu pasang lagi dan tunggu sampai Blackberry selesai melakukan reboot.

Cara terakhir, jika cara-cara diatas masih juga tidak mendatangkan hasil, ada baiknya coba melakukan Wipe Handheld Blackberry Anda, sehingga Blackberry akan kembali ke factory default, dan Anda bisa mengatur ulang akun email Blackberry dari awal, sama seperti saat Anda pertama kali membeli Blackberry tersebut.

Senin, 01 Agustus 2011

Cara Backup dan Restore Contact di BBM (Blackberry Messenger)

Apa jadinya, jika BBM Anda tiba-tiba error dan tidak dibuka, sedangkan seluruh contact di BBM belum Anda backup? Wah, tentunya ratusan atau ribuan contact di BBM yang sudah dikumpulkan hilang tanpa sisa. Untuk mencegah hal seperti ini menimpa kita, ada baiknya secara rutin, misal seminggu sekali melakukan backup terhadap contact BBM.

Cara Backup Kontak di BBM cukup mudah, dan ada dua pilihan yakni secara Remotely dan Locally. Backup Remotelly artinya membackup contact BBM ke akun email kita, sedangkan Backup Locally itu artinya menyimpan file Backup file di memori telepon atau SD Card. Untuk jaga-jaga, sebaiknya Anda melakukan backup secara remotely atau locally.

Untuk melakukan Backup contact BBM pertama dari tampilan awal BBM pilih menu Option, setelah scroll ke bawah sampai menemukan Back-Up Management, klik pada bagian Backup. Setelah itu klik Back Up Files Remotely dan pilih salah satu akun email Anda dimana akan menyimpan file backup. Selain itu, untuk jaga-jaga klik juga Back Up Files Locally, lalu pilih lokasi atau folder di SD Card untuk menyimpan file Backup tersebut.

Adapun untuk Proses Restore Contact BBM, misalkan karena Anda telah berganti Blackberry atau mungkin Anda hanya sekedar ingin Memindahkan Contact BBM dari Blackberry Lama ke Blackberry Baru, maka caranya cukup mudah, masuk ke menu Option - Back-Up Management – Restore, ada dua pilihan yakni Restore Using Email atau Restore using a Back Up file from device. Anda tinggal pilih salah satu. Jika sebelumnya Anda pernah melakukan proses Backup secara Remotely, maka yang terbaik pilihlah Restore Using Email, dan masukan Username dan Password Email Anda.
Copyright by TipsBlackberry