Minggu, 31 Juli 2011

Macam-macam Aplikasi untuk Menghemat Baterai Blackberry

Tak dipungkiri, Blackberry memang memiliki daya tahan baterai yang baik dan kuat, untuk sekali charging, Blackberry bisa bertahan selama satu hari atau lebih dengan memakaia standar seperti SMS, Nelpon, Facebook sampai BBM-an. Namun tak bisa dipungkiri, sebuah aplikasi tentunya bisa bermanfaat juga untuk membantu Anda untuk lebih menghemat baterai Blackberry. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa membantu Anda untuk menghemat, memonitor kondisi baterai di Blackberry.

SystemDash – Aplikasi yang satu ini bisa tergolong multifungsi yakni mampu memberikan warning atau alert saat baterai BB hampir habis, atau saat proses charging sudah penuh. Selain fungsi tersebut SystemDash juga mampu memonitor aplikasi-aplikasi yang berjalan sehingga bisa menghemat pemakaian baterai dengan otomatis menstop aplikasi yang tidak digunakan.

Vorino Battery Monitor – fungsinya untuk memonitor kondisi baterai di Blackberry Anda. Aplikasi ini akan secara otomatis memberitahukan saat level baterai mendekati critikal atau hampir habis, atau bila Anda sedang ngcharge Blackberry, Vorino Battery Monitor akan memberitahukan jika baterai sudah full sehingga Anda tidak akan mengalami over charged.

Battery Watch – Aplikasi ini untuk memonitor konsumsi baterai di Blackberry, sehingga Anda bisa mengetahui seberapa boros Blackberry Anda dan aplikasi apa saja yang menyebabkan Blackberry Anda mengkonsumsi power secara berlebihan.

Blattery Status – hampir sampai dengan aplikasi-aplikasi lainnya, aplikasi berfungsi untuk mengetahui status dari Baterai Blackberry Anda. Namun karena ukurannya yang kecil, sehingga Blattery Status mampu berjalan di background tanpa terlalu membebani CPU dari Blackberry

Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Bermain Game di BBM (Blackberry Messenger)

BBM 6.0 telah resmi direlease oleh Blackberry, yang bisa di Download secara gratis di Blackberry App World. Salah satu keistimewaan dari BBM 6.0 adalah adanya fitur BBM Connected, dimana dengan fitur ini kita bisa berbagi aplikasi, info dan bahkan bermain game online dengan teman di BBM. Jika Anda sedang mencari trick How to Play Game on BBM atau bagaimana sih caranya Bermain Game di BBM atau Blackberry Messenger? Tips berikut mungkin berguna untuk Anda.

Untuk saat ada beberapa aplikasi atau game yang sudah mendukung fitur BBM Connected seperti aplikasi Foursquare for Blackberry, Battles on BBM, Poynt, PowPow, ScoreMobile, Jingu, The Huffington Post, Pocket Ants, Backgammon King dan berbagai aplikasi dan game menarik lainnya.

Pertama, install game yang sudah mendukung dalam contoh kali ini, diambil game Battles on BBM yang memang sudah mendukung BBM Connected. Game ini bisa di Download secara gratis di Blackberry App World. Setelah game Battles on BBM berhasil diinstall, dan dijalankan untuk pertama kali, Battles on BBM akan meminta persetujuan untuk melakukan koneksi ke BBM.

Berikutnya adalah Login menggunakan Blackberry ID, Anda bisa menggunakan data login yang sama seperti pada saat Anda login ke Blackberry App World. Namun jika Anda belum memiliki Blackberry ID Anda tinggal klik Create New.

Setelah melakukan Sign In, tunggu sampai proses selesai integrasi selesai, jika diminta untuk reboot, maka lakukanlah reboot Blackberry Anda.

Kini saatnya Anda bermain game online dengan teman atau keluarga, namun pastikan juga teman Anda juga telah menginstall game yang sama di Blackberry. Pilih Player vs Player untuk Bermain Game Online di BBM dengan teman Anda.

Ketik nama teman Anda yang akan diajak bermain pada kolom Invite to Join dan klik OK. 

Tunggu sampai teman Anda setuju untuk bermain game dengan Anda. Saat dia menyetujui, maka Anda bisa memulai Bermain Game Online di BBM.

Sekedar tambahan, untuk melihat aplikasi atau game apa saja yang sudah terkoneksi ke BBM, masuk ke menu Option, skroll ke bawah sampai menemukan BBM Connected Applications,

Klik edit pada Application Access sehingga nantinya Anda bisa melihat daftar aplikasi dan game yang sudah terkoneksi ke BBM di Blackberry Anda.

Ingin mendapatkan teman untuk bermain game di BBM? Silahkan promosikan diri Anda di kolom Komentar, jangan lupa sebut PIN + Game yang sudah Anda Install, sehingga nanti pengunjung yang lain bisa ng-Add Anda dan bisa bermain game dengan Anda.

Jumat, 29 Juli 2011

Cara Menambahkan dan Install Bahasa Indonesia ke Blackberry Storm 9530 dan Blackberry Torch 9800

Baru membeli sebuah Blackberry secara Online dari Luar Negeri? Atau mendapat kiriman Blackberry dari saudara di luar negeri? Pas mau memakai Blackberry tersebut, dan mau mengganti language ke Bahasa Indonesia, namun pas dicari-cari ternyata Bahasa Indonesia tidak ada dalam pilihan alias tidak terinstall di Blackberry tersebut.

Untuk Menginstall atau menambahkan Bahasa Indonesia ke Blackberry misalnya Blackberry Storm 9530, Blackberry 9800 Torch, Blackberry Bold 9900 ataupun Blackberry Torch 9860 berikut adalah langkah sederhananya.

Pertama, Download Blackberry Device Software atau OS terbaru yang Multi Language (sudah ada Bahasa Indonesia di dalamnya) sesuai dengan type Blackberry yang Anda miliki di Website Resmi Blackberry. Setelah itu, Install OS tersebut di Laptop atau Komputer.

Setelah OS terbaru terinstal, kemudian jalankan Blackberry Desktop Manager versi 6 dan jangan lupa sambungkan Blackberry ke Laptop menggunakan Kabel data, dan lakukan proses Update OS Blackberry Anda. Proses Update ini memakan waktu kurang lebih 1 jam lebih.

Begitu proses update OS selesai, coba cek apakah Bahasa Indonesia sudah terinstall di Blackberry atau belum. Jika ternyata Bahasa Indonesia belum tersedia di pilihan language, jangan khawatir. Langkah berikutnya adalah sambungkan kembali Blackberry ke Laptop, dan jalankan kembali Blackberry Desktop Manager.

Klik menu Application pada Blackberry Desktop Manager, untuk masuk ke Daftar Aplikasi yang tersintall di Blackberry dan Daftar Aplikasi yang siap untuk di Install ke Blackberry Storm atau Blackberry Torch Anda. Selanjutnya adalah cari dan beri ceklis pada Bahasa Indonesia dari Daftar yang ada, lalu tekan Apply, dan proses installasi Bahasa Indonesia Indonesia ke Blackberry pun di mulai, tunggu sampai proses selesai, dan jangan mencabut Blackberry saat proses sedang berlangsung, karena akan mengakibatkan Blackberry error.

Kamis, 28 Juli 2011

Fitur Terbaru dan Shortcut Facebook 2.0 untuk Blackberry

Facebook versi 2.0 telah hadir, yang dulunya hanya bisa dinikmati oleh anggota Blackberry Beta Zone kini Facebook terbaru untuk Blackberry yakni Facebook v2.0 tersedia secara gratis di Blackberry App World. Facebook 2.0 for Blackberry ini, hadir dengan tampilan yang baru dan menarik. Dan fitur terbaru yang dihadirkan adalah Facebook Chat! Kini Anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan untuk bisa melakukan chat Facebook karena di Aplikasi Facebook sendiri untuk ada fasilitas Chat.

Untuk mempercepat Anda menggunakan Facebook v2.0, berikut ini adalah Shortcut Facebook 2.0 untuk Blackberry. Dengan mempergunakan shortcut, Anda tidak lagi harus geser-geser trackpad atau trackball untuk mengakses menu-menu di Facebook Terbaru untuk Blackberry.
  • C = untuk mengakses Chat
  • W = untuk melihat Wall profile Feisbuk kita.
  • S = melakukan proses pencarian atau Searching
  • R = refresh, untuk merefresh feed update terbaru (status, tag sampai foto) di Facebook
  • F = melihat daftar teman atau Friend kita di Facebook
  • H = untuk masuk ke kolom What on your Mind alias menulis status
  • B = skroll ke bawah
  • T = skroll ke atas
  • N = mengecek notifikasi Facebook di Blackberry
  • M = cek pesan atau message di yang masuk ke Facebook kita
  • P = check in, mirip seperti Foursquare.
Perlu diingat, shortcut tersebut berlaku saat Anda berada di tampilan awal Facebook for Blackberry (News Feeds).

Rabu, 27 Juli 2011

Mengaktifkan GPRS di Blackberry

Saat ini banyak tersedia Macam-macam Paket Blackberry dari berbagai operator baik itu Telkomsel, Indosat, XL, Axis ataupun Tri. Mulai dari Paket Blackberry Gaul, Paket Lifestyle, Paket Social Networking sampai Paket Blackberry Unlimited. Jika Anda berlangganan Paket Blackberry Unlimited, tentunya Anda bisa bisa bebas untuk internetan (meski tidak bisa streaming video). Lain halnya jika Anda berlangganan paket Blackberry Lifestyle atau Paket Gaul atau Paket Social Networking, sesuai dengan namanya maka paket tersebut hanya diperuntukan untuk ajang gaul yaitu mengakses layanan social networking seperti Facebook, Twitter atau Blackberry Messenger dan tentunya kita tidak bisa Internetan di Blackberry jika menggunakan Paket Blackberry yang satu ini.

Lalu, bagaimana caranya agar kita bisa internetan di Blackberry meskipun kita hanya berlangganan paket gaul, lifestyle atau paket Blackberry Social Networking? Berikut ini adalah tips cara mengaktifkan GPRS di Blackberry meskipun kita tidak berlangganan paket Blackberry Unlimited.

Pertama, rubah setingan APN di Blackberry. Jika menggunakan Blackberry dengan OS5 seperti Blackberry Gemini atau Javelin masuk ke Option – Advanced Option – TCP lalu masukan APN sesuai dengan operator yang dipakai. Langkah berikutnya pastikan di Option – Advanced Option – Browser pada Default Browser Configuration pilih Browser dan bukan Hotspot Browser.

Untuk meyakinkan bahwa settingan diatas sudah aktif, ada baiknya restart dulu Blackberry Anda, di homescreen tekan tombol ALT+SHIFT Del untuk melakukan proses restart. Selain itu pastikan, nanti saat internetan gunakan browser alternatif seperti Opera Mini untuk Blackberry atau Bolt Browser for Blackberry.

Selasa, 26 Juli 2011

Install Game dan Aplikasi Android di Blackberry PlayBook dengan Android App Player

Sebuah kabar gembira bagi pengguna Blackberry PlayBook, menurut rumor RIM sedang mengembangkan sebuah aplikasi bernama Android App Player, semacam emulator yang memungkinkan pengguna Blackberry Playbook untuk menginstall aplikasi Android di Blackberry Playbook.

Tak bisa dipungkiri Android saat ini menjadi Mobile Operating System nomor satu di dunia, banyak aplikasi dan game menarik yang hadir untuk Android. Namun jika Anda adalah pengguna Blackberry Playbook, mungkin sebentar lagi Anda tidak perlu berkecil hati karena nanti bisa menginstall aplikasi dan game Android di Blackberry Playbook.

Bagaimana dan seperti apa Android Player akan hadir? Saat ini banyak versi leak atau bocoran dari aplikasi Android Player for Blackberry Playbook ini. Jika Anda penasaran, sebaiknya bersabar untuk menunggu versi resmi yang bakal segera direlease oleh RIM.

Senin, 25 Juli 2011

Menghilangkan Activation Required di Blackberry Storm 2 dan Blackberry Bold

Jika Anda membeli sebuah Blackberry dari luar negeri misalnya dari eBay atau Amazon, dan yang Anda beli tersebut Unlocked Blackberry atau Blackberry yang sudah diunlocked, satu masalah yang seringkali muncul adalah munculnya tulisan Activation Required diatas layar Blackberry.

Activation Required biasanya muncul karena Blackberry tersebut pada awalnya hanya untuk digunakan untuk operator tertentu misalnya Verizon, Roger atau T-Mobile. Untuk menghilangkan Activation Required di Blackberry Storm 9530 ataupun Blackberry lainnya, Anda bisa mencoba tips sederhana berikut ini :
  • Tekan ##000000 lalu Send atau Call
  • Masukan Nomor Telepon Anda
  • Tekan Tombol Menu Blackberry lalu Save
Selanjutnya Reboot Blackberry Anda, setelah proses reboot selesai dan masuk ke homescreen, Anda bisa cek apakah kalimat Activation Required masih ada atau tidak

Minggu, 24 Juli 2011

Mengatasi Blackberry Nge-Blank Cuma Muncul Layar Putih dan Lampu Led Kedap-Kedip Merah

Masalah White Screen Of Death atau Blackberry hanya menampilkan layar putih dan ngeblank, biasa menimpa Blackberry Bold. Masalah seperti ini memang seringkali terjadi, dan banyak sekali penyebabnya, selain itu masalah seperti ini diikuti juga dengan baterai Blackberry yang cepat habis alias ngedrop. Saat sedang asik dipakai, Blackberry tiba-tiba ngeblank, hanya tampil layar putih, baru bisa dijalankan lagi dengan membuka baterai, namun setelah itu indikator baterai langsung ngedrop drastis, kalau Anda mengalami hal seperti ini, berarti Anda sedang menghadapi White Screen of Death. Untuk mengatasi masalah seperti ini adalah beberapa solusi yang bisa dicoba.

Solusi pertama, coba proses reload OS menggunakan Blackberry Desktop Manager, download OS terbaru dan kemudian coba update Blackberry Bold atau Curve Anda dengan memakai OS atau Firmware terbaru, karena masalah seperti ini bisa juga disebabkan karena OS yang tidak sempurna. Proses Reload OS selain menggunakan Blackberry Desktop Manager juga bisa memakai program seperti BBSAK atau BlackBerry Swiss Army Knife.

Jika dengan Reload OS masih juga muncul gejala nge-blank layar putih di Blackberry, ada kemungkinan dari sisi hardware Blackberry Anda sudah mengalami masalah, dan kebanyakan yang kena adalah LCD.

Sabtu, 23 Juli 2011

Membaca dan Membuka File PDF di Blackberry Javelin dan Blackberry Bold 9780

File PDF saat ini sudah menjadi standar dan banyak dipakai untuk keperluan sharing file. Jika di laptop Anda tidak akan kesulitan membuka file PDF, karena telah banyak program untuk membuka file PDF. Lain halnya dengan di Blackberry, Aplikasi untuk membuka sebuah file PDF boleh dibilang sangat langka, dan tidak banyak pilihan. Jika Anda ingin membuka dan membaca file PDF di Blackberry berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa dijadikan alternatif untuk membuka file PDF di Blackberry.

Document To Go Premium – selain berfungsi untuk mengedit, membuat ataupun membuka file Microsoft Word, Excel, PowerPoint, aplikasi Document To Go Premium juga bisa digunakan untuk membuka file PDF, dengan tampilan interface yang user friendly, Document To Go Premium bisa dijadikan alternatif terbaik untuk membuka file PDF di Blackberry.

BeamReader PDF Viewer – dengan aplikasi PDF Reader untuk Blackberry ini, kita bisa membuka, melihat dan membaca file PDF sesuai dengan aslinya, file PDF yang dibuka dengan BeamReader PDF Viewer akan sama tampilannya seperti kita membuka file tersebut di PC atau Laptop.

RepliGO Reader – Saat anda menerima lampiran email berupa file PDF, anda bisa mendownload file PDF tersebut dengan RepliGO Reader, menyimpannya di memori card dan kemudian Anda bisa membacanya kapan saja dengan RepliGO Reader.

Kebanyakan Aplikasi PDF Reader untuk Blackberry adalah Paid Apps alias aplikasi berbayar, meskipun ada diantaranya yang memberikan versi trial, sehingga Anda bisa mencobanya dulu, sebelum memutuskan untuk membeli aplikasi tersebut. Trick sederhana untuk membuka dan membaca PDF di Blackberry secara gratis adalah dengan menggunakan layanan online untuk membaca file PDF.

Jumat, 22 Juli 2011

Aplikasi Untuk Mengubah Warna Lampu LED Indikator di Blackberry

Secara Default Lampu LED indikator di Blackberry hanya ada warna merah, baik itu untuk saat ada pesan di BBM, Pesan Email sampai pesan Facebook semuanya hanya berwarna merah. Jika Anda bosan dengan tampilan warna lampu LED yang standar di Blackberry, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa dipakai untuk mengubah Warna Lampu LED Indikator di Blackberry.

BeBuzz – Led Light Color : Awalnya bernama BerryBuzz tapi kini lebih terkenal dengan sebutan BeBuzz, merupakan salah satu Aplikasi terbaik untuk mengubah warna indikator LED di Blackberry. Dengan BeBuzz kita bisa merubah warna Lampu LED sesuai dengan keinginan, mulai dari mengubah warna lampu LED saat ada pesan BBM masuk, pesan Facebook sampai merubah warna lampu LED jika ada email masuk. Bebuzz tersedia dalam versi lite atau gratis dan versi berbayar. Untuk versi gratis kita hanya bisa mengganti warna LED untuk beberapa contact di Blackberry. Sedangkan versi bayar sekitar 5.99 dollar US, BeBuzz mampu mengganti berbagai macam warna Lampu LED indikator mulai dari BBM, SMS, Facebook, YM sampai Twitter dan Email.

Blink : Aplikasi untuk Merubah warna lampu indikator di Blackberry ini mempunyai fitur yang hampir sama dengan BeBuzz, yakni mampu mengkostumasi warna lampu LED sesuai dengan pesan atau alert yang diterima Blackberry. Tersedia dalam versi Lite dan berbayar, dan untuk versi bayar Blink mempunyai harga yang lebih murah dibandingkan dengan BeBuzz yakni hanya sekitar 3.99 dollar

Ponas LED – Jika Anda sedang mencari aplikasi Blackberry Gratis untuk merubah warna lampu indikator di Blackberry, maka Ponas LED bisa dijadikan alternatif pilihan terbaik. Anda bisa merubah warna lampu LED untuk contact di Blackberry dan menggunakan Indikator LED Default bawaan Ponas LED.

Color ID Free – Aplikasi LED Indikator Gratis untuk Blackberry ini, juga memiliki kemampuan untuk merubah warna Lampu LED indikator di Blackberry, sama seperti BeBuzz dan Blink, untuk versi gratis Color ID hanya mengizinkan merubah Lampu LED untuk 2 buah contact saja, jika ingin mendapatkan full fitur Anda bisa mendownload versi berbayar.

Aplikasi lainnnya yang bisa dijadikan pilihan untuk mengubah warna lampu indikator di Blackberry adalah LED Notifier Pro, LED Color Caller ID dan Super Color LED.

Kamis, 21 Juli 2011

Cara Backup dan Save Chat BBM ke Email dan Memori Card

Suatu hari saat sedang chat di Blackberry Messenger, Anda membaca pesan-pesan BBM yang lucu-lucu, atau pesan BBM yang menarik serta bisa menjadi inspirasi. Dan Anda ingin menyimpan pesan tersebut, sehingga suatu hari nanti bisa dibaca lagi, atau bisa diperlihatkan kepada orang lain.

Nah jika Anda ingin Menyimpan Chat BBM ke email atau Backup otomatis Chat BBM ke Memori Card atau Memori Internal Blackberry, berikut adalah Cara Menyimpan Save Chat BBM ke Email atau Memori Card.

Untuk menyimpan atau Save Chat BBM ke Email, caranya cukup mudah Anda tinggal masuk ke Chat yang ingin disimpan, setelah itu tekan tombol menu Blackberry dan pilih Email Chat, sehingga nanti akan langsung masuk ke aplikasi email dan mengirim Chat BBM tersebut.

Untuk menyimpan atau Save BBM secara otomatis ke Memori Card (SD Card) atau Memori Internal Blackberry, masuk ke BBM lalu tekan tombol menu BBM setelah itu Option, skrol ke bawah sampai menemukan Save Chat History lalu pilih ke Device atau Media Card. Setelah itu, maka kini secara otomatis setiap Chat di BBM akan disimpan secara otomatis ke Memori Card atau Device.

Jangan lupa, untuk bisa menggunakan fitur-fitur tersebut, Anda harus menggunakan BBM atau Blackberry Messenger versi 5 ke atas. Untuk mengetahui versi BBM yang Anda pakai : dari Homecreen Blackberry masuk ke Options - Applications - Add-On - BlackBerry Messenger disana akan tertera versi dari BBM yang Anda gunakan.

Rabu, 20 Juli 2011

Tips Mengatasi Solusi Error Uncaught Exception-8>=6 di Blackberry Bold dan Curve

Saat menjalankan sebuah aplikasi di Blackberry, tiba-tiba muncul dilayar uncaught exception-8>=6 atau Uncaught exception: Index 6 >= 6 atau bahkan Uncaught Exception 7>=7. Masalah atau error seperti ini bisa diakibatkan karena Theme yang dipakai di Blackberry, jadi solusi pertama yang bisa dicoba adalah mengganti Theme yang dipakai di Blackbery, dan lihat apakah setelah ganti tema, error tersebut masih muncul atau tidak.

Jika masih muncul error tersebut, sekarang saatnya melihat LOG file dari Blackberry. Di Homescreen tekan ALT+LGLG sehingga muncul daftar log, skroll ke bawah sampai menemukan Uncaught Exception-8>=6 dan lihat aplikasi apa yang menyebabkan error tersebut. Setelah tahu aplikasi yang menyebabkan terjadinya error, Anda bisa melakukan uninstall terhadap aplikasi tersebut, dan kemudian menginstallnya kembali.

Solusi lainnya jika error tersebut masih muncul adalah dengan cara Wipe Handheld, yakni mengembalikan Blackberry ke Factory Default. Dan bila dengan Wipe Handheld, Error Uncaught Exception-8>=6 masih juga muncul, jalan terbaiknya adalah dengan meng-Upgrade OS Blackberry Anda atau pun reload OS.

Selasa, 19 Juli 2011

Card Hard Reset Blackberry Gemini, Blackbery Bold 9780 dan Blackberry Torch 9800

Hard Reset Blackberry sangat bermanfaat terutama jika Blackberry sudah mengalami berbagai masalah. Perlu diingat bahwa Hard Reset tidak akan menghapus data dari Blackberry, harus dibedakan antara Hard Reset dan Wipe Handheld. Wipe Handheld artinya merestore Blackberry ke Factory Default, sehingga seluruh data di Blackberry mulai dari Phonebook, contact BBM akan hilang sedangkan Hard Reset tidak akan menghapus data di Blackberry karena sifatnya hanya me-Restart Blackberry.

Ada beberapa alasan untuk melakukan Hard Reset Blackberry diantaranya adalah :
  • Masalah Jaringan di Blackberry, sebagai contoh indikator sinyal di Blackberry Anda hanya ada tanda X, Blackberry hanya menampilkan simbol GSM atau simbol 3g/ gprs dalam huruf kecil yang artinya Blackberry tidak terkoneksi ke server RIM.
  • Tidak bisa mengirim pesan, BBM atau email di Blackberry
  • Muncul kode-kode error tertentu di Blackberry saat sedang digunakan, juga ada beberapa aplikasi yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya
  • Bluetooth tidak terdeteksi di Blackberry, begitupun dengan keypad yang kurang berfungsi dengan baik
  • Mengalami kesulitan membaca teks di Blackbery misalnya huruf tampak ngblur atau ada garis-garisnya.
Jika Anda mengalami masalah-masalah seperti diatas maka sebaiknya lakukanlah Hard Reset. Untuk melakukan Hard Reset di Blackberry Javelin, Blackberry Curve 9300 3G ataupun Blackberry Bold dan Torch, lakukan langkah sebagai berikut : Saat Blackberry Masih Menyala (Ingat: Blackberry masih nyala), cabut baterai Blackberry selama 30 detik atau lebih, setelah itu pasang lagi Baterai Blackberry, dan tunggu sampai Blackberry selesai melakukan reboot. Setelah Blackberry menyala dan masuk ke tampilan homescreen, Anda mengecek apakah error yang terjadi sebelum hard reset masih ada atau sudah hilang.

Senin, 18 Juli 2011

Solusi Error 907 Invalid Jar dan Jad saat Menginstall Aplikasi di Blackberry

Kondisi Error 907 Invalid Jar, Jad atau COD saat menginstall sebuah aplikasi atau Theme di Blackberry bisa disebabkan karena Aplikasi yang akan Install tersebut tidak kompetibel atau tidak cocok untuk type Blackberry yang Anda pakai. Misalkan Anda mencoba sebuah aplikasi yang khusus untuk Blackberry Bold atau Curve tapi Anda mencoba menginstall aplikasi tersebut di Blackberry Storm. Masalah seperti ini bisa diselesaikan dengan mendownload ulang yang sama tapi disesuaikan dengan type Blackberry ataupun OS yang didukung.

Error 907 Invalid Jar, Jad atau COD bisa juga disebabkan karena file instalasi tidak ada, korup atau sudah dihapus di server. Jika Anda menginstall aplikasi tersebut secara OTA, dan timbul error seperti ini, maka sudah bisa dipastikan bahwa file pendukung dari aplikasi tersebut tidak ada di server. Solusi terbaik untuk hal ini adalah mencari alamat lain dari file OTA yang ingin Anda Install tersebut.

Minggu, 17 Juli 2011

Sharing dan Berbagi Lagu di Blackberry Messenger dengan BBM Music

Rumor mengatakan bahwa RIM bakal merelease sebuah layanan musik sharing di Blackberry yakni BBM Music. Layanan terbaru ini akan memudahkan kita pengguna Blackberry untuk berbagi musik, lagu dengan teman-teman atau contact di Blackberry Messenger atau BBM.

Beberapa hal penting dari BBM Music diantaranya adalah Aplikasi BBM Music akan tersedia setelah hadirnya Blackberry App World 3.0; BBM Music musik akan terinstal di Blackberry terbaru (pre-installed), dengan BBM Music akan pengguna BBM semakin mudah untuk sharing musik lewat Blackberry Messenger.

Layak ditunggu, seperti apa BBM Music ini saat direlease nanti, namun yang pasti dengan hadirnya fitur ini akan membuat Blackberry Messenger atau BBM semakin mengkokohkan diri sebagai sarana Sosial Networking.

Sabtu, 16 Juli 2011

Error dan Tak Bisa Login ke App World di Blackberry

Pernahkah Anda mengalami dimana Aplikasi Blackberry App World tidak bisa dibuka di Blackberry? Atau suatu hari saat Anda akan Login ke Blackberry App World, tiba-tiba terjadi error seperti ini “An error has occurred. Please try again later” sehingga akhirnya Anda tidak bisa Login dan mendownload aplikasi di App World. Untuk mengatasi masalah error App World di Blackberry, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

Error seperti ini bisa disebabkan karena masalah Sinkronisasi Time di Blackberry, coba cek pengaturan Waktu atau Time di Blackberry Anda. Jika Anda menggunakan Blackberry Curve 3G, Onyx 2 atau Blackberry Torch dengan OS6 masuk ke Option – Display – Date and Time pada Update Date pastikan Automatic dan pada Time Zone sesuaikan dengan waktu di mana saat ini Anda berada, misal jika Anda berada di Bandung, maka pilih Bangkok (+7). Bila Anda pengguna Blackberry Gemini, Javelin atau Blackberry Curve dan Pearl lainnya dengan OS5 masuk ke Option – Date/Time aturlah Time Zone sesuai dengan posisi Anda, Date/Time Source pilih Blackberry. Setelah Anda mengatur waktu, coba untuk Login kembali ke App World.

Jika cara pertama tidak berhasil, cara kedua coba Send Ulang Service Book atau lakukan Host Routing Table. Untuk OS5 masuk Option-Advanced Option-Host Routing Table - tekan tombol menu Blackberry lalu Register Now. Sedangkan OS6 dari Homescreen klik menu Option-Device-Advanced System Setting-Host Routing Table lalu klik tombol menu Blackberry dan klik Register Now.

Masalah kedua adalah Aplikasi Blackberry App World tidak bisa dibuka di Blackberry. Untuk mengatasi masalah ini caranya cukup mudah yakni Anda tinggal mereinstall App World. Delete dulu aplikasi App World yang lama, setelah itu baru Download dan Install lagi aplikasi Blackberry App World dari http://www.blackberry.com/appworld jangan lupa untuk melakukan reboot atau mencabut baterai selama beberapa saat dan kemudian memasangnya kembali. Jangan lupa juga lakukan send ulang Service Book atau HRT. Jika ternyata masalahnya tetap ada yakni kita tetap tidak bisa membuka App World di Blackberry, solusi terakhir adalah dengan cara Wipe Handheld Blackberry.

Jumat, 15 Juli 2011

Solusi Baterai Blackberry Cepat Habis atau NgeDrop

Pernahkan Anda mengalami dimana Baterai Blackberry Anda cepat habis atau ngedrop? Baru 2 jam dicharge, eh tiba-tiba Indikator Baterai sudah tinggal 50% padahal cuma dipakai untuk BBM-an dan Facebookan aja, tidak dipakai untuk streaming atau memutar musik dan video.

Kalau Baterai Blackberry Anda cepat habis, jangan dulu mengambil kesimpulan bahwa Baterai Blackberry Anda ngedrop dan saatnya diganti. Karena bisa saja, gejala ini disebabkan karena software yang ada di Blackberry.

Pertama, tentunya cek dan recek aplikasi apa saja yang terinstall dan aplikasi apa saja yang berjalan di Background, karena siapa tau ada aplikasi berat yang terinstall di Blackberry dan berjalan di Background sehingga akhirnya menghabiskan daya baterai Anda. Jika Anda sudah yakin bahwa tidak ada aplikasi yang memakan daya besar dan menghabiskan baterai Anda, selanjutnya adalah lakukan langkah berikut ini.

Saat indikator baterai menurun drastis, misalkan dari 40% lalu tiba-tiba turun ke level 8%, sebaiknya Anda buka dulu baterai Blackberry lalu pasang lagi. Setelah Blackberry restart, sekarang cek apakah indikator baterai tetap dalam posisi 8% atau naik kembali misal ke level 40%. Bila Indikator baterai ternyata naik lagi, maka ada kemungkinan ada masalah dengan firmware Blackberry yang Anda gunakan, dan Anda bisa coba untuk mengupgrade versi Firmware dari Blackberry Anda, untuk memperbaiki error dalam pembacaan indikator level baterai.

Jika semua hal diatas telah dilakukan dan hasilnya tetap, baterai Blackberry tetap cepat habis atau ngdrop, maka langkah selanjutnya adalah mencoba memakai baterai yang baru. Dan mudah-mudahan aja dengan memakai baterai yang baru, baterai Blackberry Anda tidak cepat habis. Namun jika ternyata, dengan memakai baterai yang baru pun, hasilnya sama yakni Blackberry Anda cepat habis baterainya, maka bisa diambil kesimpulan bahwa Blackberry Anda sudah mengalami masalah dari sisi hardware dan sudah saatnya Anda membawa Blackberry ke Blackberry Service Center untuk dilakukan pengecekan atau service.

Kamis, 14 Juli 2011

Aplikasi Unlock seperti iPhone di Blackberry Storm 2 dan Blackberry Torch

Blackberry Anda ingin tampil lain dari yang lain? Atau apakah Anda ingin memiliki fitur unlock seperti iPhone yaitu Slide to Unlock? Saat ini tersedia beberapa aplikasi yang berfungsi untuk mengunci Blackberry seperti fitur kunci di iPhone yakni Slide to Unlock. Berikut adalah Aplikasi Slide To Unlock untuk Blackberry.

TalkLock – Touch Screen Lock : Aplikasi ini khusus untuk Blackberry layar sentuh seperti Blackberry Torch 9800, Blackberry Storm 1 dan 2. Jika Anda sedang mencari Aplikasi Unlock seperti iPhone untuk Blackberry Storm, maka TalkLock bisa dijadikan pilihan.

StormSlider - dari namanya sudah bisa ditebak aplikasi ini adalah untuk Blackberry Storm. Dengan Aplikasi StormSlider Anda bisa memiliki fitur Slide to Unlock di Blackberry Storm seperti yang ada di iPhone.

Aplikasi lainnnya adalah BerrySlider, nah kalo aplikasi yang satu ini tidak hanya diperuntukan bagi Blackberry Storm atau Torch. Tapi Anda bisa menginstalnya di Blackberry Javelin 8900, Blackberry Curve, Blackberry Bold sampai Blackberry Tour.

Rabu, 13 Juli 2011

Menyembunyikan Status Update di Blackberry Messenger (BBM)

Menulis status Update di Blackberry Messenger atau BBM, memang sangat mengasyikan dan tak kalah asik dengan menulis status update di Facebook. Untuk Menyembunyikan recent status update di Blackberry Messenger atau BBM caranya cukup mudah, yakni pertama masuk ke Aplikasi Blackberry Messenger lalu tekan tombol menu Blackberry kemudian scroll ke bawah dan pada bagian Show Recent Updates pilih None, sehingga kini di BBM kita tidak akan muncul recent status update dari teman-teman kita di Blackberry Messenger.

Lalu bagaimana jika kita ingin menyembunyikan status update sendiri di Recent Updates BBM orang lain? Untuk yang satu ini, karena status update akan selalu muncul otomatis di BBM orang lain, maka kita tidak bisa menyembunyikan status update sendiri di BBM orang lain.

Fitur menyembunyikan status update di BBM, memang layak ditunggu, sehingga nantinya kita bisa menyembunyikan status update kita dari orang-orang tertentu, sama seperti kita menulis status update di Facebook, dimana kita bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat status update.

Selasa, 12 Juli 2011

Mengembalikan Icon Aplikasi yang Hilang di Blackberry

Tiba-tiba saja icon aplikasi Facebook, Twitter atau Email hilang dari Blackberry. Jika Anda pernah mengalami kejadian seperti ini, penyebabnya adalah bisa saja Anda hilap atau lupa mengklik menu Hide, sehingga akhirnya Icon Aplikasi tersebut hilang dari menu homescreen Blackberry.

Untuk mengembalikan Icon Aplikasi yang hilang di Blackberry, caranya cukup mudah yakni di Homescreen Blackberry, tekan tombol Menu Blackberry lalu pilih Show All. Jika masih juga tidak muncul, coba kirim ulang Service Booknya. Jika Anda pengguna Blackberry Gemini dan Javelin maupun Blackberry lainnya dengan OS 5 masuk ke Option – Advanced Option – Host Routing Table lalu Register Now. Namun jika Anda menggunakan Blackberry dengan OS6 seperti Blackberry Curve 3G 9300, Blackberry Bold 9780 masuk ke Option – Device – Advanced System Settings – Host Routing Table lalu Register Now.

Jika tetap tidak muncul icon aplikasi tersebut, sebaiknya lakukan restart. Cabut baterai selama 1 menit atau lebih, lalu pasang kembali, send ulang ulang Service Book dan jangan lupa di homescreen akses menu Show All.

Senin, 11 Juli 2011

Spesifikasi dan Fitur Blackberry Storm 3

RIM rencananya akan meluncurkan Blackberry Storm terbaru yakni Blackberry Storm 3 atau dikenal juga dengan Blackberry 9860. Hadir dengan layar sentuh capacitive 3.7 Inch, Blackberry Storm 3 ini akan menggunakan prosesor 1.2 Ghz yang diyakini akan memberikan kecepatan dalam mengakses menu maupun saat kita bermain game. Fitur menarik dari Blackberry Storm 3 adalah Mobile Hotspot, dimana kita bisa memfungsikan sebagai akses point Wifi untuk sharing koneksi internet, sehingga handphone atau gadget lain bisa menikmati koneksi Wifi.

Berikut ini Spesifiasi Lengkap Blackberry Storm 3 (perlu diingat, speks dibawah ini masih berupa rumor, jadi bisa saja spesifikasi berubah sewaktu-waktu)
  • Sistem Operasi BlackBerry OS 6.1
  • Layar sentuh capacitive 3.7-inch resolusi 800 x 480 pixel
  • Prosesor 1.2GHz
  • Magnetometer, Proximity Sensor dan Accelerometer
  • Jaringan Quad-band GSM / GPRS / EDGE dan Tri-band UMTS / HSPA
  • Kamera 5 megapixel video recording 720p HD
  • EMMC 4GB (untuk aplikasi dan penyimpanan data) serta RAM 768MB
  • Slot microSD
  • Koneksi Bluetooth 2.1 + EDR Wi-Fi b / g / n, serta 3G Mobile Hotspot
  • Optical trackpad
  • Baterai berkekuatan 1,230 mAh
  • OpenGL ES 2.0

Minggu, 10 Juli 2011

Cara Backup Phonebook di Blackberry dan Sinkronisasi Phonebook dengan Gmail di Blackberry

Langkah berikut ini, adalah cara mudah untuk backup kontak di Blackberry, seperti kita ketahui bahwa saat Blackberry kita error, dan terpaksa harus di Wipe Handheld, maka hal pertama yang menjadi prioritas kita untuk dibackup adalah kontak atau phonebook di Blackberry. Berikut adalah langkah-langkah Backup Contact di Blackberry.

Install Blackberry Desktop Manager di Laptop atau Komputer, setelah itu sambungkan Blackberry ke Laptop. Pilih “Backup and Restore” (jika menggunakan BDM 6 cukup piliha Backup pada menu Device). Lalu pilih Advanced Option, setelah itu pilih Contact List lalu Backup option.

Kini Anda sudah memiliki file backup contact Blackberry di Laptop Anda. Anda bisa mengcopi file backup tersebut ke Blackberry lain atau handphone lain.

Cara Lain adalah dengan mensinkronisasikan Phonebook dengan Email Anda, misalkan dengan gmail. Pakailah Aplikasi Google Sync, sehingga nantinya Phonebook di Blackberry akan disinkronisasikan dengan Contact di Email Gmail Anda. Sangat mudah dan cepat.

Sabtu, 09 Juli 2011

Update Blackberry Curve 3G 9300 ke OS6

Blackberry OS6 pertama hadir di Blackberry Torch 9800 dan Blackberry Bold 9780, namun bukan berarti bahwa Blackberry OS 6 hanya untuk kedua type Blackberry tersebut. Blackberry Curve 3G atau Blackberry Bold 9700 pun bisa menggunakan OS6.

Untuk menginstall OS6 caranya cukup mudah, pertama adalah Download dulu OS6 (Blackberry Device Software)/ Firmware untuk Blackberry dari Website Resmi Blackberry, plus juga Blackberry Desktop Software.
  • Langkah pertama, Install Blackberry Desktop Software di Laptop, untuk jaga-jaga sebaiknya Anda melakukan Backup terhadap data-data penting di Blackberry menggunakan BDS ini.
  • Selanjutnya Install Firmware terbaru untuk Blackberry Curve 3G yang sudah Anda download.
  • Kemudian masuk c:\program files\common files\research in motion\apploader dan hapus file vendor.xml
  • Sambungkan Blackberry ke Laptop lalu jalankan file “Loader.exe" yang berada satu folder dengan file vendor.xml yang telah dihapus tadi.
Ikuti langkah yang diminta. Dan proses update ini akan memakan waktu kurang lebih 1 jam. Setelah selesai melakuka proses update, Anda bisa mengecek versi OS dengan menekan tombol Alt-Shift-H di homescreen Blackberry.

Jumat, 08 Juli 2011

Cara Format Memori Card atau SD Card di Blackberry

Saat akan menjual Blackberry, selain kita melakukan Wipe Handheld sebaiknya memformat memori eksternal atau SD Card di Blackberry, sehingga tidak ada lagi data yang tersimpan dan tertinggal di Blackberry. Untuk memformat memori eksternal atau Memori Card di Blackberry ada beberapa cara yakni :

Mempergunakan komputer atau Laptop – sambungkan Blackberry ke Laptop dan pilih USB Mode atau Mass Storage Mode, sehingga nanti SD Card akan terdeteksi seperti Flashdisk di Laptop. Setelah itu klik kanan pada drive memori Card tersebut dan pilih format. Cara lain, adalah dengan mencabut SD card, dan memasukan ke Card reader di komputer atau Laptop, setelah terbaca lalu klik kanan juga pada drive SD Card tersebut dan pilih format.

Memformat Memori Card langsung di Blackberry – Jika Anda pengguna Blackberry 8520, Blackberry 8900 ataupun Blackberry 8310 dengan OS 5 ke bawah masuk ke Option – Advanced Options – Memory Card setelah itu tekan tombol menu Blackberry dan pilih Format. Untuk Blackberry dengan OS6 seperti Onyx 2 atau Blackberry Torch masuk ke Option – Device – Storage lalu tekan tombol menu Blackberry dan pilih format.

Kamis, 07 Juli 2011

Solusi Mengatasi Error JVM 102 pada Blackberry

Tiba-tiba saja Blackberry yang sedang dipakai hang dan tidak bisa digunakan, setelah direstart malah muncul Error JVM 102. Seperti diketahui JVM Error 102 bisa muncul di Blackberry karena ada file cod yang corrupt pada saat proses boot up. Untuk mengatasi Error JVM 102, cara terbaik adalah dengan mereload software Blackberry, kalau di Laptop mungkin sama dengan menginstall ulang sistem operasi.

Untuk mengatasi JVM 102 Error di Blackberry bisa dilakukan dengan cara reload Blackberry Device Sofware, sehingga nantinya Blackberry akan fresh kembali. Pertama tentunya download Firmware untuk Blackberry sesuai dengan type, misal Blackberry Curve 8530, Blackberry Bold 9780 ataupun Blackberry Torch. Jangan lupa download dan install Blackberry Desktop Software terbaru yakni versi 6 atau dikenal dengan BDS 6.

Sambungkan Blackberry ke Laptop dan jalankan Blackberry Desktop Software, pada menu Device pilih Update My Device. Pada proses Check for Update, BDS akan menampilkan bahwa tidak update terbaru untuk Blackberry, selanjutnya Anda hanya tinggal pilih View other versions. Kemudian pilih salah Firmware yang tersedia pada Available Version dan klik Install. Tunggu sampai proses selesai.

Setelah proses reload selesai, kini Blackberry kembali menjadi fresh dan tentunya Error JVM 102 pasti hilang.

Rabu, 06 Juli 2011

Cara Reset Password Keeper di Blackberry

Apakah Password Keeper itu? Password Keeper adalah sebuah aplikasi di Blackberry yang berguna untuk menyimpan data penting, terutama data Login untuk sebuah website. Misal jika kita sering lupa password login untuk Facebook, Twitter, ataupun Yahoo Messenger, maka kita bisa menyimpan semua data Login ke website-website tersebut di Password Keeper. Sehingga bila suatu saat kita lupa, kita bisa melihatnya di Password Keeper.

Untuk menambahkan data di Password Keeper caranya cukup mudah, yakni masuk ke Aplikasi Password Keeper, setelah itu klik pada menu New Password, masukan data yang diminta mulai dari Title, Usernama, Password dan Website tempat loginnya.

Namun masalahnya, bagaimana jika kita malah lupa sama Password aplikasi Password Keeper itu sendiri? Seperti kita ketahui, proteksi terhadap Password Keeper memang sangat kuat, jika Anda salah memasukan password selama 10 kali, maka secara otomatis seluruh isi di Password Keeper bakal terhapus. Jadi jika Anda lupa password untuk Password Keeper, hanya bisa dilakukan dengan cara Reset Password Keeper, dengan resiko semua data di Password Keeper bakal hilang.

Selasa, 05 Juli 2011

Mempergunakan dan Setting Blackberry sebagai Flashdisk di Laptop

Manfaat lain dari Blackberry adalah kita bisa menyimpan data atau file di Blackberry, dan mempergunakan Blackberry seperti layaknya sebuah Flashdisk, sehingga memudahkan kita untuk memindahkan data dari satu laptop ke laptop lain.

Untuk Memanfaatkan Blackberry sebagai Flashdisk jangan lupa untuk mensetting Blackberry sehingga bisa terdetect oleh Laptop sebagai Mass Storage Mode. Jika Anda menggunakan Blackberry Gemini, Javelin atau Blackberry Curve dan Pearlnya dengan OS 5 masuk ke Options --> Memory. Pastikan pada Mass Storage Mode Support dan Media Card Support is ON dan Auto Enable Mass Storage Mode When Connected bisa dipilih Prompt atau ON.

Sedangkan jika Anda menggunakan Blackberry Onyx 2 ataupun Blackberry Torch dengan sistem operasi 6, masuk ke Option – Device – Storage dan berilah tanda ceklis pada Media Card Support.

Senin, 04 Juli 2011

Blackberry Hang Waktu Dinyalakan (WSOD)

Saat akan menghidupkan Blackberry, tiba-tiba Blackberry Hang atau hanya menampilkan layar putih dengan dengan beberapa tulisan di tengah-tengah layar. Kondisi ini disebut dengan WSOD atau White Screen Of Death, ini artinya Blackberry mengalami masalah dengan OS nya sehingga tidak bisa booting dengan normal.

Untuk mengatasi Layar Putih pada Saat Blackberry dinyalakan, cara cukup mudah yakni Buka Baterai Blackberry untuk beberapa saat, setelah itu pasang lagi, sehingga Blackberry akan booting secara normal.

Biar masalah Blackberry Hang saat dihidupkan tidak terjadi pada Blackberry Anda, tips terbaik adalah buka baterai Blackberry secara rutin seminggu sekali. Ini tentunya sangat berguna biar Blackberry bisa restart dari awal lagi.

Minggu, 03 Juli 2011

Menambah dan Memperbesar Memori Internal Blackberry dengan Shrink A OS

Seperti kita ketahui di Blackberry kita tidak bisa menginstall Aplikasi ataupun game di SD Card atau memori Eksternal. Semua game atau aplikasi terinstal secara otomatis di Memori Internal Blackberry. Masalah baru timbul saat kita telah menginstall game atau aplikasi banyak, dan mau menambah aplikasi baru, namun memori internal tidak mencukupi atau pas-pasan.

Dalam kasus lain, Anda selesai meng-Upgrade Blackberry Curve 3G 9300 ke OS6, namun setelah dicek, ternyata memori Internal yang tersisa hanya sekitar 30-40MB, dan itu tentu saja tidak cukup untuk menginstal berbagai aplikasi atau game di Blackberry Curve 9300 3G dengan OS6.

Solusi yang bisa dijadikan alternatif untuk menambah memori internal di Blackberry adalah dengan cara Shrink A OS, teknik ini adalah menghapus aplikasi-aplikasi bawaan Blackbery yang tidak berguna atau tidak dipergunakan oleh kita.

Untuk proses Shrink A OS, kita bisa menggunakan program seperti BBHybrids Tools atau BB Boss, prosesnya cukup mudah, namun Anda harus berhati-hati saat proses mendelete aplikasi-aplikasi yang tidak berguna di Blackberry, karena kalau sampai salah, bisa jadi Blackberry Anda akan error dan tidak bisa digunakan. Dengan proses Shrink A OS ini Anda bisa mendapatkan Free Memori pada Memori Internal Blackberry sampai 50MB, lumayan besar untuk menginstal game atau aplikasi di Blackberry.

Sabtu, 02 Juli 2011

Setting Blackberry sebagai Modem di Laptop atau Netbook

Blackberry selain bisa dipakai BBM-an, Facebookan ataupun Twitteran, bisa juga dimanfaatkan sebagai Modem untuk Internetan di Laptop atau Netbook. Cuma sebelumnya perlu diingat, menjadikan Blackberry sebagai Modem, akan memotong pulsa langsung dari kartu yang Anda pakai. Jadi meskipun kita berlangganan Paket Blackberry Unlimited, namun saat kita memanfaatkan Blackberry sebagai Modem maka biaya koneksi data akan dibebankan kepada pulsa langsung, tidak pada Paket Blackberry tersebut.

Untuk memulai memanfaatkan Blackberry sebagai Modem langkah pertama adalah Jalankan Blackberry Desktop Manager (BDM) atau Blackberry Desktop Software versi 6, setelah itu sambungkan Blackberry Anda menggunakan Kabel Data dan tunggu sampai BDM mendeteksi Blackberry Anda.

Selanjutnya adalah klik Menu Tool – Mobile Internet Setting. Disini Anda harus memilih Profile Operator yang digunakan. Jika Profile Operator yang dipakai tidak tersedia di daftar, Anda bisa membuatnya dengan mengklik Add. Setelah semua setingan diisi dengan benar, selanjutnya klik OK untuk proses konfirmasi.

Kini Anda bisa memulai menggunakan Blackberry sebagai Modem di Laptop. Klik menu Tools dan Pilih Start Mobile Internet. Pada peringatan yang muncul klik OK.

Selesai, mudah bukan?

Jumat, 01 Juli 2011

Merubah dan Menambah Huruf atau Font Baru di Blackberry

Anda ingin merubah Font di Blackberry? Dan tidak ingin menggunakan font standar Blackberry juga biar kelihatan lebih gaul? Sebenarnya setiap Theme bisa mempunyai huruf tersendiri, sesuai dengan themenya tersebut. Namun kebanyakan theme memang hadir dengan huruf atau font standar Blackberry.

Untuk menambahkan font atau huruf baru di Blackberry, cara termudah adalah dengan menggunakan sebuah aplikasi, seperti Font Master dan aplikasi Font Collection untuk Blackberry. Kedua aplikasi tersebut bisa di download langsung di Blackberry App World.

Untuk merubah font di Blackberry langkahnya cukup mudah. Jika Anda menggunakan Blackberry OS 6 seperti Blackberry Curve 8530, Javelin, Gemini, Blackberry Bold 9000 masuk ke Option -> Screen/Keyboard disini Anda bisa merubah jenis huruf yang digunakan di Blackberry.

Namun, jika Anda menggunakan Blackberry OS6 contohnya Blackberry Bold 9780 tinggal masuk ke Menu Option -> Display -> Screen Display dan rubahlah huruf Blackberry sesuai dengan keinginan dan tentunya kenyamanan.
Copyright by TipsBlackberry